1. Faktor Dalam Negeria. Penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan
b. Kenangan akan kejayaan masa lalu seperti kejayaan Kerajaan Sriwijaya, Majapahit & Kerajaan Islam
c. Pengaruh pendidikan akibat Politik Etis/Etika (Balas Budi) yang melahirkan kaum cendekiawan
d. Diskriminasi (Membedakan warna kulit) yang dilakukan oleh Pemerintah Kolonial
e. Pax Neerlandica (Kesatuan Hindia Belanda) yang menimbulkan rasa senasib sepenanggungan
2. Faktor Luar Negeri
a. Kemenangan Jepang terhadap Rusia dalam Perang Jepang-Rusia tahun 1905
b. Pengaruh pergerakan kemerdekaan bangsa lain seperti Cina, India, Jepang, Turki, Philipina, dan lain-lain
c. Munculnya paham baru dr Eropa & Asia seperti Liberalisme, Nasionalisme, Sosialisme, Pan IslamismeB. Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia Dalam Menghadapi Kekuasaan Kolonial Belanda
1. Boedi Oetomo (BO) Berdiri pada tanggal 2
0 Mei 1908 di Yogyakarta. Pendirinya adalah para mahasis
wa STOVIA (Sekolah Kedokteran Jawa di Jakarta) yang dipelopori dr. Soetomo, dr. Wahidin Soedirohoesodo, dr. Tjipto
Mangoenkoesoemo, dr. Goenawan Mangoenkoesoemo, dan lain-lain.
Keanggotaan organisasi hanya meliputi suku Jawa dan Madura kemudian
ditambah Bali karena dianggap mempunyai kebudayaan yang sama.
Keanggotaan hanya meliputi kaum bangsawan/elit saja. Organisasi Boedi
Oetomo ditetapkan sebagai organisasi modern pertama di Indonesia dan
merupakan tonggak awal kebangkitan nasional Indonesia. Suatu keputusan politik pemerintah RI yang masih menimbulkan perdebatan di kalangan bangsa Indonesia karena organisasi ini sebenarnya mendukung penjajahan
Belanda, tidak pernah mencita-citakan Indonesia merdeka, tidak
nasionalis, ( anggotanya hanya orang Jawa, Madura, dan Bali), anti agama
bahkan tidak ikut serta mengantarkan kemerdekaan Indonesia karena
organisasi BO bubar pada tahun 1935. Pada awal berdirinya Boedi Oetomo
bergerak di bidang pendidikan dan sosial budaya dan baru berpolitik pada
tahun 1915. Boedi Oetomo dalam perjuangannya kemudian melebur dalam
PPPKI (Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan
Indonesia) selanjutnya melebur dalam PBI (Persatuan Bangsa Indonesia)
yang berubah namanya menjadi Parindra (Partai Indonesia Raya). Pada
tahun 1935 Boedi Oetomo secara resmi dibubarkan.2. Syarikat Islam (SI)
Berdiri di Solo, Jaw
a Tengah tanggal
16 Oktober 1905 dengan nama awal Syarikat Dagang Islam yang dipimpin/didirikan oleh Haji Samanhudi. Latar belakang berdirinya SDI adalah sebagai perlawanan terhadap golongan pedagang Cina yang memonopoli bahan batik sedangkan tujuan berdirinya adalah memajukan perdagangan Indonesia yang berdasarkan Islam. Karena
keanggotaan Syarikat dagang Islam terbatas hanya para pedagang saja
maka pada tanggal 10 September 1912 diubah namanya menjadi Syarikat
islam (SI) dengan pimpinan Haji Oesman Said Tjokroaminoto (HOS
Tjokroaminoto). Haluan perjuangan SI adalah anti imperialisme dan
Kapitalisme. SI bersifat nasionalis, menentang penjajah Belanda dan
mencita-citakan Indonesia merdeka sehingga sangat berbeda jauh dengan
Boedi Oetomo. Walaupun demikian ternyata SI tidak dijadikan sebagai
tonggak kebangkitan nasional tetapi jatuh kepada Boedi Oetomo yang tidak nasionalis.
SI terbuka untuk umum dengan Islam sebagai landasan perjuangan
organisasi. Perlawanan SI ditujukan terhadap semua bentuk penindasan
ataupun ketidakseimbangan sosial. SI
yang bersifat terbuka mendapat dukungan rakyat Indonesia sehingga dalam
waktu singkat menjadi organisasi yang besar. Pemerintah Kolonial
Belanda tidak memberikan ijin SI menjadi badan hukum karena mencurigai
dan khawatir terhadap organisasi yang besar ini walaupun terhadap SI-SI
lokal ijin diberikan dengan mudah.Keanggotaan SI yang bersifat terbuka
membuat SI kemudian pecah. Dalam tubuh SI terdapat tiga aliran yang
berbeda, yaitu :1. Aliran yang berpegang teguh kepada agama Islam
2. Aliran yang lunak, evolusioner, dan kooperatif terhadap Pemerintah Kolonial Belanda
3. Aliran yang keras, revolusioner, dan non kooperatif
SI akhirnya pecah menjadi dua setelah diadakan konggres ke-4 tahun 1921 untuk disiplin partai dan mempertahankan keberadaan SI. Adapun dua organisasi itu adalah :
a. SI Putih
Dipimpin oleh HOS Tjokroaminoto, Haji Agoes Salim, dan Abdoel Moeis dan tetap berpegang teguh kepada dasar-dasar ke-Islam-an sesuai cita-cita semula.
b. SI Merah
Dipimpin oleh Semaun dan Tan Malaka dan berhaluan Marxis. SI Merah nantinya berubah nama menjadi PKI (Partai Komunis Indonesia).
Pada tahun 1923 nama CSI (Central Syarikat Islam) diubah namanya menjadi PSI (Partai Syarikat Islam) karena CSI dianggap menghalangi pertumbuhan gerakan SI. Sejak Konggres Yogyakarta tahun 1925 maka SI melaksanakan haluan non kooperasi tetapi tetap memperbolehkan anggotanya duduk dalam badan pemerintah dengan nama pribadi bukan organisasi. Dengan kemajuan pergerakan nasional maka tujuan SI semakin tegas yaitu "Mencapai Kemerdekaan Nasional Berdasarkan Agama Islam". SI masuk ke dalam PPPKI dan tahun 1929 namanya diubah lagi menjadi PSII (Partai Syarikat Islam Indonesia).
3. Indische Partij (IP)
Didirikan di Bandung
pada tanggal 25 Desember 1912 oleh Tiga Serangkai, yaitu dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, Soewardi Soerjaningrat (Ki Hajar Dewantoro), dan dr. E.F.E. Douwes Dekker. Semboyan IP adalah Hindia for Hindia yang
berarti Indonesia hanya diperuntukkan bagi orang yang menetap dan
bertempat tinggal di Indonesia tanpa terkecuali. Tujuan IP adalah untuk
mempersiapkan kehidupan bangsa Indonesia yang merdeka. IP meruipakan
partai politik
pertama di Indonesia penentang politik Kolonialisme. Cita-cita IP
banyak disebarkan melalui surat kabar De Express. Kemajuan IP sangat luar
biasa sehingga dalam waktu singkat IP telah mempunyai 30 cabang. Hal
tersebut mengkhawatirkan Pemerintah Kolonial Belanda sehingga permohonan
IP untuk menjadi badan hukum
tanggal 13 Maret 1913 ditolak. IP yang dengan tegas menyatakan diri
sebagai partai politik dan mencita-citakan Indonesia merdeka dinyatakan
sebagai partai terlarang oleh Pemerintah Kolonial
Belanda. Walaupun dinyatakan sebagai partai terlarang dalam prakteknya
IP masih mengadakan propaganda untuk menyebarluaskan gagasannya
contohnya tulisan Soewardi Soerjaningrat yang berjudul Als Ih Een Nederlander Was ( Seandainya Aku Seorang Belanda ) yang
mengkritik perayaan kemerdekaan Belanda yang ke-100 dari penjajahan
Perancis dengan menarik biaya dari masyarakat bumiputera yang masih dijajah Belanda dan
kritik tajam E.F.E Douwes Dekker yang menyebutkan bahwa pemerintahan
jajahan bukan pemerintahan tetapi kelaliman yang merupakan musuh
kemakmuran rakyat yang paling berbahaya, lebih berbahaya daripada
pemberontakan dan revolusi. Karena kegiatannya yang merugikan Pemerintah
Kolonial Belanda maka pada bulan Agustus 1913 ketiga pemimpin Indische
Partij dijatuhi hukuman buang ke negara Belanda. Dengan dibuangnya
para tokoh IP maka kegiatan IP melemah. dalam perkembangannya IP
berganti nama menjadi Partai Insulinde. Tahun 1919 Partai Insulinde
berganti nama lagi
menjadi Partai Nasional Indische Partij (NIP). NIP dalam
perkembangannya hanya berpengaruh terhadap kalangan terpelajar dan
kurang berpengaruh terhadap rakyat seperti halnya Indische Partij.4. Moehammadijah ( Muhammadiyah )
Didirikan oleh Haji
Ahmad Dah
lan pada tanggal 18 November 1912 di Yogyakarta. Muhammadiyah merupakan organisasi Islam modern yang kiprahnya dipengaruhi oleh gerakan Wahabi di Arab Saudi yang bercita-cita
untuk memurnikan Islam seperti pada jaman Nabi Muhammad SAW masih hidup
atau dengan kata lain berusaha memberantas TBC ( Takhayul,
Bid'ah, Churafat ) yang berkembang di dalam masyarakat Indonesia. Usaha
Muhammadiyah ini nantinya mendapatkan perlawanan dari kelompok Islam
tradisional yang tidak setuju dengan cara-cara Muhammadiyah
memperjuangkan cita-citanya, yaitu dengan mendirikan Nahdlatul Ulama
(NU) yang berarti kebangkitan ulama pada tahun 1926. Selain kelompok
Islam tradisional, kelompok nasionalis juga kurang simpati kepada
Muhammadiyah karena organisasi ini tidak mau bergerak dalam bidang
politik, mau menerima bantuan Belanda, dan mempermasalahkan kemodernan
dan kekolotan pelaksanaan ajaran Agama Islam. Adapun tujuan didirikannya
Muhammadiyah adalah :a. Memberi pengertian tentang ilmu agama yang benar
b. Pengarahan hidup menurut ajaran Agama Islam
c. Memajukan pengajaran modern berdasarkan agama Islam
Tujuan Muhammadiyah diatas berusaha dicapai dengan cara mendirikan dan mengembangkan sekolah-sekolah berdasarkan Islam, mendirikan dan mengembangkan Masjid, dan mengembangkan ilmu agama. Muhammadiyah merupakan organisasi yang tidak bersifat politik tetapi lebih meninitikberatkan pada kegiatan pendidikan, sosial, dan keagamaan dan cara kerjanya meniru cara kerja Misi (Penyebar Kristen Protestan) dan Zending (Penyebar Kristen Katholik). Kegiatan Muhammadiyah yang sangat menonjol adalah :
1. Bidang Pengajaran
Memberantas buta huruf dan mendirikan sekolah-sekolah
2. Bidang Sosial Ekonomi
Mendirikan Bank Islam
3. Bidang Kesehatan
Mendirikan Rumah Sakit dengan nama PKO / PKU (Panti kesehatan Umat)
4. Bidang keagamaan
Menyingkirkan tradisi kuno yang bersifat Animisme dan Dinamisme untuk memurnikan agama IslamKegiatan Muhammadiyah juga sudah memperhatikan pendidikan wanita yang diberi nma Aisyiah dan kelompok pemudanya disebut Hisbul Wathon (HW) yang juga merupakan gerakan kepanduan. Organisasi Muhamamadiyah sampai sekarang masih eksis dan berkembang pesat sehingga memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi kemajuan bangsa Indonesia.
5. Gerakan Pemuda
Yang diang
gap sebagai perkumpulan pemuda pertama di Indonesia adalah Tri Koro Dharmo (Tiga Tujuan Mulia) yang didirikan oleh Raden Satiman Wirjo Sandjojo, Kadarman, dan Sunardi pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta. Tujuan didirikannya Tri Koro Dharmo adalah mencapai Jawa raya dengan jalan persatuan antar pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali, dan Lombok. Karena sifatnya yang Jawa sentris maka Tri Koro Dharmo kurang menarik bagi mereka yang tidak berbudaya Jawa. untuk menghindari perpecahan organisasi maka pada tahun 1918 dalam konggres-nya di Solo maka nama Tri Koro Dharmo diubah namanya menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) yang bertujuan untuk mendidik para anggotanya supaya kelak
dapat memberikan tenaganya untuk pembangunan Jawa Raya dengan jalan
mempererat persatuan, menambah pengetahuan, dan menambah rasa cinta kepada kebudayaan sendiri. Pada awalnya Jong Java tidak berpolitik tetapi dengan masuknya pengaruh Haji Agus Salim maka masuklah pengaruh politik di dalam tubuh
Jong Java. Anggota Jong Java yang berpolitik lalu mendirikan Jong
Islamieten Bond tahun 1924. Seiring dengan munculnya Jong Java di
berbagai daerah muncullah berbagai organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan seperti :
a. Jong Sumatranen Bond
b. Jong Batak
c. Jong Ambon
d. Jong Celebes
e. Jong Borneo
f. Jong Minahasa
g. Timoress Verbond
h. Sekar Rukun, dan lain-lain
Di Jakarta dibentuklah organisasi pemuda bernama PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) tahun 1918 dengan tokohnya Wongsonegoro. Di Bandung berdirilah Jong Indonesia yang nantinya berubah namanya menjadi pemuda Indonesia yang dimotori oleh Mr. Sartono, Ir. Soekarno, Ir. Anwari, dan Mr. Soenarjo.
Organisasi-organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan tersebut kemudian bersepakat untuk mengadakan Konggres Pemuda, yaitu :
1. Konggres Pemuda I (30 April - 2 Mei 1926 ) di Jakarta
6. PKI ( Part
ai Komunis Indonesia )
Berdiri pada tanggal 23 Mei 1920 yang merupakan gabungan organisasi Syarikat Islam Merah pimpinan Semaun dan ISDV (Indische Social Demokratische Vereeniging, berdiri tahun 1914 di Semarang) pimpinan Hendrick Sneevliet (Pegawai Belanda yang berhaluan komunis serta aktif menyebarkan komunis di Indonesia bekerjasama dengan Semaun) dengan nama PKH (Partai Komunis Hindia). PKH dipimpin oleh :
7. Taman Siswa
Berdiri pada
tanggal 3 Juli 1922 di Yogyakarta dengan tokoh pendirinya adalah Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantoro
(tokoh Indische Partij yang sudah pulang dari pembuangannya di
Belanda). Taman Siswa adalah organisasi pergerakan nasional dalam bidang
pendidikan dengan tujuan "Mewujudkan Masyarakat Yang Tata Tentrem
Tertib Damai" / "mengembangkan Edukasi Kebudayaan" yang merupakan senjata ampuh
dalam menghadapi dominasi Pemerintah Kolonial Belanda. Sekolah Taman
Siswa dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan paham ideologi, yaitu nasionalisme
kebudayaan, menyampaikan perkembangan politik, dan juga digunakan untuk
mendidik calon-calon pemimpin bangsa yang akan datang
yang mempunyai wawasan kebangsaan luas. Dalam hal ini, sekolah
merupakan alat untuk meninggikan derajat rakyat melalui pengajaran. Ki
hajar Dewantoro merumuskan asas-asas pengajaran nasional selama masa
pembuangannya di Belanda (1913-1919). Pola pendidikan / kepemimpinan
yang dikembangkannya adalah "Ing
Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani" (Di
depan dapat memberikan contoh, di tengah dapat mendorong dan
bekerjasama, dan di belakang dapat mendorong untuk maju ke depan). Sekolah-sekolah yang didirikan Taman Siswa adalah :
8. Gerakan Wanita
Tokoh dan per
intis gerakan wanita Indonesia adalah Raden Ajeng Kartini (1879-1904). Tanggal lahirnya 21 April diperingati bangsa Indonesia khususnya kaum wanita sebagai Hari Kartini. R.A. kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah 21 April 1879. Ketokohan
R.A. Kartini tampak melalui cita-citanya untuk kaum wanita Indonesia
yang tertulis dalam surat-surat yang ditulis kepada sahabat-sahabatnya
di Belanda terutama Mrs. Abendanon. Surat-surat R.A. Kartini tersebut
kemudian diterbitkan Mrs. Abendanon tahun 1911 (Tujuh tahun setelah
wafatnya R.A. Kartini) dengan judul "Door Duisternis Tot Licht" (Habis
Gelap Terbitlah Terang). Tahun 1982, Ny. Soelastin Soetrisno
menterjemahkan surat-surat Kartini tersebut lalu diberi nama
"Surat-Surat Kartini". Kegiatan
R.A. Kartini dalam memperjuangkan pemberdayaan wanita berupa tuntutan
emansipasi (persamaan hak) antara pria dan wanita sesuai kodratnya
terutama di bidang pendidikan dan perkawinan. Untuk itu R.A. Kartini kemudian mendirikan "Sekolah Kartini" di Rembang, Jawa tengah untuk mendidik para wanita setempat. Selain R.A. kartini, bangsa Indonesia mempunyai banyak tokoh-tokoh gerakan wanita antara lain :
9. Partai Nasional Indonesia (PNI)
Berdiri pada tanggal 4 Juli 1927 di Bandung dengan nama awal Perserikatan Nasional Indonesia. Pada tahun 1928 nama organisasi diubah menjadi Partai Nasional Indonesia. Pendiri PNI adalah kaum intelektual yang tergabung dalam Aglemene Studie Club, yaitu Ir. Soekarno, dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, Ir. Anwari, Mr. Sartono, Mr. Boediarto. dr. Sanoesi, Mr. Iskaq Tjokrohadisoerjo, dan Mr. Soenarjo.
PNI mempunyai 3 (Tiga) asas, yaitu :
alah mencapai Indonesia merdeka dengan kekuatan sendiri. PNI bersifat terbuka sehingga keanggotaannya cepat
berkembang. Cabang-cabang PNI terdapat di seluruh Hindia-Belanda.
Kelompok nasionalis revolusioner dapat ditampung di dalam PNI. Pada
tahun 1927, PNI memprakarsai berdirinya PPPKI (Permufakatan Perhimpunan
Politik Kebangsaan Indonesia). Badan ini merupakan sebuah badan
koordinasi dari bermacam aliran untuk menggalang kesatuan aksi melawan
imperialisme atau penjajahan. Kemajuan yang
dicapai PNI dalam menyadarkan rakyat Indonesia akan pentingnya
kemerdekaan dan sikapnya yang non kooperasi menimbulkan kecemasan pihak
Belanda. Pemerintah Kolonial Belanda memberikan ancaman terhadap PNI
untuk menghentikan kegiatannya serta mengawasi dengan ketat gerak-gerik
para pemimpin PNI terutama terhadap Ir. Soekarno. Ir. Soekarno bahkan
dilarang untuk pergi ke luar Jawa. Karena
desas-desus bahwa PNI akan melakukan pemberontakan maka pada tahun 1929
dilakukan penangkapan atas tokoh-tokoh PNI, yaitu Ir. Soekarno, Maskoen
Soemodiredjo, Gatot Mangkoeprodjo, dan Soepriadinata. Mereka disalahkan
melanggar pasal 153 bis dan 169 KUHP, dianggap mengganggu ketertiban
umum, dan menentang kekuasaan Pemerintah Kolonial Belanda. dalam
persidangan para tokoh PNI di Bandung, Ir. Soekarno membacakan
pembelaannya yang terkenal, yaitu "Indonesia Menggugat". Pembelaan
tersebut menelanjangi Pemerintah Kolonial Belanda dengan berbagai
kebijaksanaannya yang merugikan rakyat Indonesia. Walaupun pembelaannya
hebat tetapi Ir. Soekarno tetap ditahan oleh Pemerintah Kolonial Belanda
di Penjara Soekamiskin, Bandung. PNI
kemudian dinyatakan sebagai partai/organisasi terlarang oleh Pemerintah
Kolonial Belanda pada tanggal 17 April 1931. Sejak ditahannya
tokoh-tokoh PNI maka timbul perbedaan pandangan dalam melanjutkan
kegiatan PNI. Tanggal 25 April 1931 dalam konggres luar biasa PNI di
Jakarta, Mr. Sartono mengambil keputusan untuk membubarkan PNI.
Pembubaran PNI tersebut menimbulkan perpecahan di kalangan internal PNI
sendiri sehingga berdirilah :
gan perkembangan gerakan kebangsaan Indonesia, Serikat Kerja Berpartai juga mengalami perkembangan. Dalam perkembangannya, diadakanlah konggres kaum buruh Indonesia. Kemudian berdirilah CPBI (Central
Perkumpulan Buruh Indonesia) dengan asas perjuangan self help dan
nasionalisme. Serikat Kerja Berpartai ini akhirnya juga dibubarkan
Pemerintah Kolonial Belanda karena tindakannya yang dianggap
menentang Pemerintah. Pada kurun waktu tahun 1940, usaha untuk
mendirikan gabungan serikat pekerja tercapai, yaitu dengan berdirinya
GASPI (Gabungan Serikat Pekerja Partikelir Indonesia). Dalam
memperjuangkan nasib kaum buruh, GASPI mengambil sikap kooperasi
(kerjasama) dengan Pemerintah Kolonial Belanda sampai dengan masa
Pendudukan Jepang di Indonesia (1942). Beberapa organisasi buruh yang berdiri pada masa Pemerintah Kolonial Belanda selain VSTP, PPST, PSSI, dan PKBI adalah :
gap sebagai perkumpulan pemuda pertama di Indonesia adalah Tri Koro Dharmo (Tiga Tujuan Mulia) yang didirikan oleh Raden Satiman Wirjo Sandjojo, Kadarman, dan Sunardi pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta. Tujuan didirikannya Tri Koro Dharmo adalah mencapai Jawa raya dengan jalan persatuan antar pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali, dan Lombok. Karena sifatnya yang Jawa sentris maka Tri Koro Dharmo kurang menarik bagi mereka yang tidak berbudaya Jawa. untuk menghindari perpecahan organisasi maka pada tahun 1918 dalam konggres-nya di Solo maka nama Tri Koro Dharmo diubah namanya menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) yang bertujuan untuk mendidik para anggotanya supaya kelak
dapat memberikan tenaganya untuk pembangunan Jawa Raya dengan jalan
mempererat persatuan, menambah pengetahuan, dan menambah rasa cinta kepada kebudayaan sendiri. Pada awalnya Jong Java tidak berpolitik tetapi dengan masuknya pengaruh Haji Agus Salim maka masuklah pengaruh politik di dalam tubuh
Jong Java. Anggota Jong Java yang berpolitik lalu mendirikan Jong
Islamieten Bond tahun 1924. Seiring dengan munculnya Jong Java di
berbagai daerah muncullah berbagai organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan seperti :a. Jong Sumatranen Bond
b. Jong Batak
c. Jong Ambon
d. Jong Celebes
e. Jong Borneo
f. Jong Minahasa
g. Timoress Verbond
h. Sekar Rukun, dan lain-lain
Di Jakarta dibentuklah organisasi pemuda bernama PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) tahun 1918 dengan tokohnya Wongsonegoro. Di Bandung berdirilah Jong Indonesia yang nantinya berubah namanya menjadi pemuda Indonesia yang dimotori oleh Mr. Sartono, Ir. Soekarno, Ir. Anwari, dan Mr. Soenarjo.
Organisasi-organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan tersebut kemudian bersepakat untuk mengadakan Konggres Pemuda, yaitu :
1. Konggres Pemuda I (30 April - 2 Mei 1926 ) di Jakarta
- Dipimpin oleh Thabrani
- Tujuannya menanamkan semangat kerjasama antar perkumpulan pemuda (persatuan pemuda-pemuda Indonesia sebagai bangsa Indonesia)
- Konggres Pemuda I mengalami kegagalan karena rasa kedaerahan yang masih kuat
- Dipelopori oleh PPPI
- Konggres ini merupakan usaha untuk mempersatukan kembali para pemuda Indonesia
- Konggres Pemuda II berhasil mencetuskan Sumpah Pemuda yang berisi pengakuan para pemuda akan satu Nusa, satu Bangsa, dan satu Bahasa Indonesia
- Saat Konggres Pemuda II diperdengarkanlah Lagu Indonesia Raya secara instrumentalia oleh Wage Rudolf Soepratman sebagai lagu kebangsaan serta pengakuan bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia.
6. PKI ( Part
ai Komunis Indonesia ) Berdiri pada tanggal 23 Mei 1920 yang merupakan gabungan organisasi Syarikat Islam Merah pimpinan Semaun dan ISDV (Indische Social Demokratische Vereeniging, berdiri tahun 1914 di Semarang) pimpinan Hendrick Sneevliet (Pegawai Belanda yang berhaluan komunis serta aktif menyebarkan komunis di Indonesia bekerjasama dengan Semaun) dengan nama PKH (Partai Komunis Hindia). PKH dipimpin oleh :
- Ketua : Semaoen
- Wakil Ketua : Darsono
- Sekretaris : Bergsma
- Bendahara : Dekker
- Anggota : Baars dan Soegono
7. Taman Siswa
Berdiri pada
tanggal 3 Juli 1922 di Yogyakarta dengan tokoh pendirinya adalah Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantoro
(tokoh Indische Partij yang sudah pulang dari pembuangannya di
Belanda). Taman Siswa adalah organisasi pergerakan nasional dalam bidang
pendidikan dengan tujuan "Mewujudkan Masyarakat Yang Tata Tentrem
Tertib Damai" / "mengembangkan Edukasi Kebudayaan" yang merupakan senjata ampuh
dalam menghadapi dominasi Pemerintah Kolonial Belanda. Sekolah Taman
Siswa dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan paham ideologi, yaitu nasionalisme
kebudayaan, menyampaikan perkembangan politik, dan juga digunakan untuk
mendidik calon-calon pemimpin bangsa yang akan datang
yang mempunyai wawasan kebangsaan luas. Dalam hal ini, sekolah
merupakan alat untuk meninggikan derajat rakyat melalui pengajaran. Ki
hajar Dewantoro merumuskan asas-asas pengajaran nasional selama masa
pembuangannya di Belanda (1913-1919). Pola pendidikan / kepemimpinan
yang dikembangkannya adalah "Ing
Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani" (Di
depan dapat memberikan contoh, di tengah dapat mendorong dan
bekerjasama, dan di belakang dapat mendorong untuk maju ke depan). Sekolah-sekolah yang didirikan Taman Siswa adalah : - Taman Indria
- Taman Muda
- Taman Dewasa
- Taman Madya
- Taman Guru
- Taman Prasarjana
- Taman Sarjana Wiyata
8. Gerakan Wanita
Tokoh dan per
intis gerakan wanita Indonesia adalah Raden Ajeng Kartini (1879-1904). Tanggal lahirnya 21 April diperingati bangsa Indonesia khususnya kaum wanita sebagai Hari Kartini. R.A. kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah 21 April 1879. Ketokohan
R.A. Kartini tampak melalui cita-citanya untuk kaum wanita Indonesia
yang tertulis dalam surat-surat yang ditulis kepada sahabat-sahabatnya
di Belanda terutama Mrs. Abendanon. Surat-surat R.A. Kartini tersebut
kemudian diterbitkan Mrs. Abendanon tahun 1911 (Tujuh tahun setelah
wafatnya R.A. Kartini) dengan judul "Door Duisternis Tot Licht" (Habis
Gelap Terbitlah Terang). Tahun 1982, Ny. Soelastin Soetrisno
menterjemahkan surat-surat Kartini tersebut lalu diberi nama
"Surat-Surat Kartini". Kegiatan
R.A. Kartini dalam memperjuangkan pemberdayaan wanita berupa tuntutan
emansipasi (persamaan hak) antara pria dan wanita sesuai kodratnya
terutama di bidang pendidikan dan perkawinan. Untuk itu R.A. Kartini kemudian mendirikan "Sekolah Kartini" di Rembang, Jawa tengah untuk mendidik para wanita setempat. Selain R.A. kartini, bangsa Indonesia mempunyai banyak tokoh-tokoh gerakan wanita antara lain : - Dewi Sartika (Pelopor gerakan wanita di Jawa Barat). Ia mendirikan Sekolah dengan nama Sekolah Keutamaan Istri
- Maria Walanda Maramis (Pelopor Gerakan Wanita di Minahasa, Sulawesi Utara). ia mendirikan organisasi PIKAT (Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya).
- Soewarni Jayasepoetra (Pelopor gerakan wanita di Bandung, Jawa Barat). Mendirikan organisasi wanita Istri Sedar yang bergerak di bidang politik dengan tujuan mencapai Indonesia Merdeka.
- Maria Oelfah dan Ibu Soenarjo Mangoenpoespito. Pendiri organisasi istri Indonesia dengan tujuan mencapai Indonesia Raya.
- Nyi Hajar Dewantoro (Istri Ki Hajar Dewantoro, aktif di Taman Siswa)
- Ibu Ahmad Dahlan (Istri pendiri Moehammadijah Haji Ahmad Dahlan, aktif di organisasi wanita dibawah Moehammadijah Aisyah), dan lain-lain
- Kartini Fonds (Semarang)
- Putri Merdika (Jakarta)
- Wanita Roekoen Sentosa (Malang)
- Majoe Kemoeliaan (Bandung)
- Boedi Wanita (Solo)
- Kerajinan Amal Setia (Koto Gadang, Sumatera Barat)
- Serikat Kaum Ibu Sumatera (Bukit Tinggi, Sumatera Barat
- Ina Tuni (Ambon, Maluku)
- Gorontalosche Mohammedaansche Vrouwen Vereniging (Sulawesi Utara)
9. Partai Nasional Indonesia (PNI)
Berdiri pada tanggal 4 Juli 1927 di Bandung dengan nama awal Perserikatan Nasional Indonesia. Pada tahun 1928 nama organisasi diubah menjadi Partai Nasional Indonesia. Pendiri PNI adalah kaum intelektual yang tergabung dalam Aglemene Studie Club, yaitu Ir. Soekarno, dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, Ir. Anwari, Mr. Sartono, Mr. Boediarto. dr. Sanoesi, Mr. Iskaq Tjokrohadisoerjo, dan Mr. Soenarjo.
PNI mempunyai 3 (Tiga) asas, yaitu :
- Self Help (Menolong diri sendiri)
- Non Kooperasi (Tidak mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kolonial Belanda)
- Marhaenisme (Pengerahan massa rakyat tertindas yang hidup dalam kemiskinan di tanah yang kaya raya)
alah mencapai Indonesia merdeka dengan kekuatan sendiri. PNI bersifat terbuka sehingga keanggotaannya cepat
berkembang. Cabang-cabang PNI terdapat di seluruh Hindia-Belanda.
Kelompok nasionalis revolusioner dapat ditampung di dalam PNI. Pada
tahun 1927, PNI memprakarsai berdirinya PPPKI (Permufakatan Perhimpunan
Politik Kebangsaan Indonesia). Badan ini merupakan sebuah badan
koordinasi dari bermacam aliran untuk menggalang kesatuan aksi melawan
imperialisme atau penjajahan. Kemajuan yang
dicapai PNI dalam menyadarkan rakyat Indonesia akan pentingnya
kemerdekaan dan sikapnya yang non kooperasi menimbulkan kecemasan pihak
Belanda. Pemerintah Kolonial Belanda memberikan ancaman terhadap PNI
untuk menghentikan kegiatannya serta mengawasi dengan ketat gerak-gerik
para pemimpin PNI terutama terhadap Ir. Soekarno. Ir. Soekarno bahkan
dilarang untuk pergi ke luar Jawa. Karena
desas-desus bahwa PNI akan melakukan pemberontakan maka pada tahun 1929
dilakukan penangkapan atas tokoh-tokoh PNI, yaitu Ir. Soekarno, Maskoen
Soemodiredjo, Gatot Mangkoeprodjo, dan Soepriadinata. Mereka disalahkan
melanggar pasal 153 bis dan 169 KUHP, dianggap mengganggu ketertiban
umum, dan menentang kekuasaan Pemerintah Kolonial Belanda. dalam
persidangan para tokoh PNI di Bandung, Ir. Soekarno membacakan
pembelaannya yang terkenal, yaitu "Indonesia Menggugat". Pembelaan
tersebut menelanjangi Pemerintah Kolonial Belanda dengan berbagai
kebijaksanaannya yang merugikan rakyat Indonesia. Walaupun pembelaannya
hebat tetapi Ir. Soekarno tetap ditahan oleh Pemerintah Kolonial Belanda
di Penjara Soekamiskin, Bandung. PNI
kemudian dinyatakan sebagai partai/organisasi terlarang oleh Pemerintah
Kolonial Belanda pada tanggal 17 April 1931. Sejak ditahannya
tokoh-tokoh PNI maka timbul perbedaan pandangan dalam melanjutkan
kegiatan PNI. Tanggal 25 April 1931 dalam konggres luar biasa PNI di
Jakarta, Mr. Sartono mengambil keputusan untuk membubarkan PNI.
Pembubaran PNI tersebut menimbulkan perpecahan di kalangan internal PNI
sendiri sehingga berdirilah : - Partindo (Partai Indonesia), yang didirikan oleh Mr. Sartono dan menekankan aksi massa dalam gerakan partai.
- PNI Baru (Pendidikan Nasional Baru), yang didirikan oleh Drs. Moehammad Hatta, Mr. Soetan Syahrir, dan kawan-kawan dan menekankan pendidikan politik dalam gerakan partai.
- Memelihara dan memperbaiki syarat perburuhan dengan jalan mengatur hubungan kerja dengan pihak pengusaha
- Mengatur hubungan kerja antara pekerja dengan pemerintah tentang kepentingan kedua belah pihak
- Mengatur agar kaum pekerja sebagai golongan tersusun yang turut serta dalam pembangunan bangsanya
- Organisasi yang tergabung dalam ikatan pekerjaan. Anggotanya terdiri dari orang yang menjalankan pekerjaan yang sama seperti sopir, tukang, pekerja pabrik, dan lain-lain
- Serikat Buruh Umum (General Labour Union) yang anggotanya terdiri dari segala macam buruh tanpa memperhatikan jenis pekerjaan masing-masing. Biasanya buruh tersebut tidak terlatih, pendidikannya kurang sesuai dan hanya setengah trampil.
- Organisasi dalam ikatan industri/perusahaan/kantor (Industrial Union). Anggotanya terdiri dari kaum buruh yang bekerja pada perusahaan/industri/kantor baik yang terlatih maupun yang tidak terlatih.
- PSSI (Persatuan Serikat Kerja Indonesia) yang didirikan PBI/Indonesische Studie Club dipimpin Soewono dan Roeslan Wongsokoesoemo dengan tujuan memperbaiki nasib kaum buruh dengan tidak mencampuri urusan politik dan agama.
- PKBI (Perserikatan Kaum Buruh Indonesia) yang didirikan oleh PNI Baru/Partindo yang mempunyai tujuan memperbaiki nasib kaum buruh dan mengembangkan perasaan kebangsaan.
gan perkembangan gerakan kebangsaan Indonesia, Serikat Kerja Berpartai juga mengalami perkembangan. Dalam perkembangannya, diadakanlah konggres kaum buruh Indonesia. Kemudian berdirilah CPBI (Central
Perkumpulan Buruh Indonesia) dengan asas perjuangan self help dan
nasionalisme. Serikat Kerja Berpartai ini akhirnya juga dibubarkan
Pemerintah Kolonial Belanda karena tindakannya yang dianggap
menentang Pemerintah. Pada kurun waktu tahun 1940, usaha untuk
mendirikan gabungan serikat pekerja tercapai, yaitu dengan berdirinya
GASPI (Gabungan Serikat Pekerja Partikelir Indonesia). Dalam
memperjuangkan nasib kaum buruh, GASPI mengambil sikap kooperasi
(kerjasama) dengan Pemerintah Kolonial Belanda sampai dengan masa
Pendudukan Jepang di Indonesia (1942). Beberapa organisasi buruh yang berdiri pada masa Pemerintah Kolonial Belanda selain VSTP, PPST, PSSI, dan PKBI adalah : - SS Bond (Staats Spoor Bond), didirikan pada tahun 1905 dan merupakan serikat buruh perusahaan kereta api milik Pemerintah Kolonial Belanda.
- PFB (Personeel Fabriek Bond) yang merupakan serikat buruh pabrik. Organisasi ini digerakkan oleh Soerjopranoto untuk melakukan aksi mogok sehingga ia mendapat julukan raja pemogokan buruh.
- PVPN (Persatuan Vakboden Pegawai Negeri), merupakan serikat buruh pegawai negeri dibawah pimpinan Raden Panji Soeroso. Organisasi yang tergabung ke dalam PVPN adalah Serikat Guru dan Serikat Pegawai Kereta Api.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar